Social Icons

Senin, 01 April 2013

Kritik dan Pujian, Bagaimana ?

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.
Surat Fushilat ayat 34 dan 35
Yang perlu kita perhatikan :

Jangan sekali-kali kita tertipu oleh perasaan sendiri, karena pujian orang lain. sebab itu adalah racun. kebanyakan para pemuja itu hanya bohong semata, bahkan tak jarang dengan maksud tertentu agar kita mudah diperdaya atau ditipu.

Jangan menjadi pendusta dengan cara menyembunyikan maksud buruk dibalik kata pujian, sebab ini akan membawa kepada kegemaran berkata dusta.

Jika kita menemukan orang yang suka berterus terang, berani mengkritik kita,maka dialah teman yang sebenarnya,sbb teman sejati tidak akan rela sahabatnya terjerembab kejurang kesalahan,maka dekatilah dia.

Kalau kita menemukan kesalahan pada diri orang lain,maka nasihatilah dengan bijak dan santun, jangan sekali-kali menggunakan kata kotor, sbb itu akan menyakiti hatinya.


ref:tanbihun.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
 
Blogger Templates