Social Icons

Selasa, 19 Maret 2013

Kucing Domestik yang sudah langka

Ras kucing paling langka di dunia pastinya bukan Persia ataupun Anggora, karena mudah sekali kita temui orang yang memelihara dan bahkan menjual kedua ras kucing tersebut. Lalu 10 jenis kucing domestik paling langka di dunia itu apa saja?

1. Kucing Peterbald
Gambar-kucing-Peterbald
Ras kucing yang mayoritas terlahir tanpa bulu atau berbulu sangat minim yang dikembangkan di Rusia ini konon merupakan salah satu ras kucing paling langka di dunia. Sangat jarang bisa kita temui orang yang memelihara apalagi yang menjual kucing tanpa bulu ini.
2. Kucing Kurilian Bobtail
Gambar Kucing Kurilian Bobtail
Ras kucing ini tidak dihasilkan dari pembiakan secara selektif. Kucing Kurilian Bobtail terbentuk secara alami di Pulau Kuril, sebuah pulau terpencil yang disengketakan oleh Jepang dan Rusia. Kucing ini adalah kucing yang independen, dan sangat cerdas.
3. Kucing Burmilla
Gambar Kucing Burmilla
Jenis kucing ini terbentuk tanpa disengaja, dan bisa dibilang terlahir akibat "kecelakaan". Jadi ceritanya begini, pada tahun 1980-an seekor kucing Chinchilla jantan yang dibeli oleh seseorang yang bernama Miranda Bickford-Smith, tanpa sepengetahuan pemiliknya telah menghamili kucing Burmese betina milik tetangganya. Dari "hubungan terlarang" tersebut lahirlah 4 ekor anak kucing yang tidak mirip salah satu dari kedua induknya. Dan akhirnya terlahirlah kucing Burmilla (diambil dari kata Burmese dan Chinchilla).
4. Kucing Serenggeti
Gambar Kucing Serengeti
Meskipun penampilannya terkesan Liar, tetapi dalam tubuh kucing ini sama sekali tidak mengalir darah kucing liar. Kucing yang terlahir dari hasil proses persilangan antara kucing bengal dengan kucing Oriental Shorthair yang dimulai sekitar tahun 1990-an ini tergolong masih belum banyak berkembang di dunia ini.
5. Kucing Sokoke
Gambar Kucing Sokoke
Jenis kucing ini juga terbentuk secara alami seperti kucing Kurilian. Kucing ini aslinya berasal dari pesisir Kenya. Dan sampai sekitar 10 tahun yang lalu, belum ada penangkaran untuk menjaga populasi kucing ras ini.
6. Kucing Ojos Azules
Gambar Kucing Ojos Azules
Merupakan jenis kucing ras asal New Mexico yang bermata biru. Kata "Ojos Azules" sendiri merupakan kata dari bahasa Spanyol yang berarti "mata biru", sehingga sangat pas dengan penampilan kucing ini. Pada tahun 1984 sebuah keluarga menemukan sebuah koloni kucing liar yang memiliki mata biru di New Mexico. Dan sepuluh tahun setelah itu, kabarnya hanya da 10 kucing jenis tersebut yang ada di dunia ini.
7. Kucing Minskin
Gambar Kucing Minskin
Kucing ini merupakan hasil dari persilangan kucing Sphynx dengan kucing Munchkin. Penampilannya sangat unik. Terlahir tanpa bulu dengan kaki pendek. Sungguh merana sekali nasib kucing jenis ini. ^_^
8. Kucing Napoleon
Gambar Kucing Napoleon
Merupakan hasil persilangan kucing Munchkin dengan kucing Persia. Kucing ini tidak memiliki hidung yang pesek seperti kebanyakan kucing persia saat ini, melainkan memiliki hidung yang mancung (doll-face) mirip kucing persia generasi awal. O iya, kalian tahu Napoleon Bonaparte kan??? Itu tuh pahlawan revolusi Perancis. Ternyata beliau itu phobia kucing loh!!!
9. Kucing German Rex
Gambar kucing German Rex
Kucing jenis ini sempat berada diambang kepunahan pada tahun 1970-an. Namun akhirnya perlahan mulai dikembangbiakkan oleh breeder German dan beberapa breeder dari negara Eropa lainnya, sehingga ras kucing ini berhasil selamat dari kepunahan.
10. Kucing california Spangled
Gambar Kucing California Spangled
Pada mulanya kucing ini dikembangbiakkan untuk menciptakan sosok macan tutul yang hampir punah. Namun karena kehadiran kucing-kucing bermotif tutul lain seperti Bengal dan Savannah, popularitas kucing ini seolah terkubur. Dan kini kabarnya populasi kucing ini sangat sedikit.
Referensi : care2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
 
Blogger Templates